Kurikulum

BAGAIMANA KITA MENGAJAR LIMA AKAR PERTUMBUHAN?

Tujuan utama Roots Learning Center adalah agar setiap anak dapat menerapkan apa yang telah mereka pelajari di sekolah menjadi tindakan nyata dalam kehidupan mereka di kemudian hari. Untuk melakukan ini, kami menekankan kemampuan untuk memahami konsep dan untuk memiliki keterampilan dan sikap terbaik dalam kurikulum kami sebagai langkah pertama bagi mereka untuk tumbuh.

Kurikulum yang kami gunakan didasarkan pada penelitian Roots Learning Center yang dikombinasikan dengan kurikulum nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ini juga didasarkan pada filosofi 5 akar pertumbuhan yang diyakini oleh Roots Learning Center. Kami telah membuat kerangka kerja yang akan kami gunakan sebagai bahan utama untuk mengajar dan belajar, dan setiap tema pembelajaran akan merujuk pada kerangka kerja ini.

Ada enam poin utama yang menguraikan apa yang akan dilakukan dan dipelajari siswa berdasarkan pada filosofi dan kurikulum Roots Learning Center:

1. Konsep komprehensif

Untuk memberikan pemahaman sehingga siswa dapat memahami hubungan antara satu hal dan hal lainnya.

  • Bagaimana cara kerjanya?
  • Seperti apa itu?
  • Apa tanggung jawab kita?

2. Aktifkan Lingkungan

Ruang di dalam dan di luar rumah dibuat untuk mendukung pembelajaran melalui topik. Area-area ini akan menyediakan ruang yang mendukung berbagai jenis pembelajaran.

3. Memberikan pengetahuan

  • Kemampuan perseptual
  • Mengenal Tuhan melalui ciptaan-Nya
  • Belajar dan memahami dunia
  • Siapa kita

4. Keterampilan transdisipliner

  • Kemampuan berkomunikasi
  • Keterampilan sosial-emosional
  • Kemampuan kognitif
  • Keterampilan motorik

5. Mengembangkan sikap

Kami juga fokus pada pengembangan sikap positif: disposisi yang merupakan ekspresi dari nilai-nilai fundamental, kepercayaan dan perasaan tentang pembelajaran, lingkungan, orang.

Sehingga apa yang dilakukan siswa akan mencerminkan keyakinan inti mereka dan bermanfaat bagi orang-orang dan lingkungan di sekitar mereka.

6. Tindakan nyata

Ini adalah fokus utama kami di Roots Learning Center: sehingga para siswa dapat menerapkan apa yang mereka pelajari di dunia nyata sebagai agen perubahan.

MEMBANGUN SIKAP POSITIF

Kami percaya bahwa membuat hubungan dan mengatur emosi adalah penting dalam membangun sikap positif untuk setiap anak, oleh karena itu kami menerapkan praktik restoratif.

Ini adalah serangkaian cara yang dapat digunakan untuk mengatasi konflik dan sikap buruk di sekolah, baik dalam situasi formal maupun informal.

Filosofi kami dengan jelas menyatakan bahwa kegiatan belajar-mengajar dilakukan di lingkungan yang aman dan selalu menerapkan interaksi masing-masing.

Kebijakan Roots Learning Center juga mengandung praktik restoratif di dalamnya, yang secara spesifik menghindari perilaku berisiko tinggi seperti intimidasi.

Kebijakan ini akan fokus pada bagaimana memperbaiki hubungan dan menghindari menyalahkan orang lain serta hukuman.

Kami percaya pada koneksi sebelum koreksi.